Senin, 06 Agustus 2007

Budidaya Ikan Cupang

Pendahuluan

Untuk membudiayakan atau mengembangkan ikan cupang hias tidaklah memerlukan lahan yang luas, cukup menyediakan areal sekitar 5 meter persegi. Di Wilayah Jakarta Pusat budidaya ikan cupang ada yang dilakukan diatas dak rumah dan dipekarangan yang relatif sempit, dengan menggunakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium. Ikan ini relatif mudah dipelihara dan dibudidayakan, karena tidak memerlukan pakan khusus. Pakan ikan untuk benih biasanya digunakan pakan alami berupa kutu air atau daphnia sp. yang dapat ditemukan di selokan yang airnya tergenang. Untuk induk cupang digunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk (cuk). Untuk pertumbuhan anak ikan bisa diberi kutu air dan diselingi dengan cacing rambut, akan lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan.

Wadah Budidaya

Pada umumnya wadah pemeliharaannya adalah bak semen atau akuarium yang ukurannya tidak perlu besar yaitu cukup 1 x 2 m atau akuarium 100 x 40 x 50 cm, sedang wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa digunakan antara lain : baskom, akuarium kecil atau ember dapat dipakai untuk memijahkan ikan.

Ciri-ciri khusus

Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.
Ciri ikan jantan untuk dipijahkan :

Umur ± 4 bulan
Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah.
Gerakannya agresif dan lincah.
Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri-ciri ikan betina :

Umur telah mencapai +- 4 bulan
Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
Gerakannya lambat.
Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
kondisi badan sehat.

Pemijahan dan perawatan ikan

Setelah induk cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan :

  1. Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
  2. Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 - 30 Cm.
  3. Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
  4. Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
  5. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
  6. Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
  7. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.
Pembesaran anak
  1. Ketika burayak ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
  2. Pindahkan anakan bersama induk jantannya.
  3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
  4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
  5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.
Pasca Panen
Pasca panen yaitu setelah ikan cupang hias mencapai 1 bulan sudah dapat dilakukan pemanenan sekaligus dapat diseleksi atau dipilih. Ikan yang berkwalitas baik dan cupang hasil seleksi dipisahkan dengan ditempatkan ke dalam botol-botol tersendiri agar dapat berkembang dengan baik serta menghindari perkelahian. Setelah usia 1,5 sampai 2 bulan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan.

99 komentar:

yoeng mengatakan...

alo temen2 tolong di bantu dong.ada g pakan alternatif selain kutu air buat anakan cupang.sekalian tips&trik nya temen2?
abis d kota ku kutu air agak susah.
thank bt jwban nya temen2?
tolong dbalas

Bee mengatakan...

Buat Yoeng

Saya baca di www.o-fish.com
Dapnia atawa kutu air dapat dibudidayakan dgn cara sederhana dan skala kecil

Langkah pertama siapkan ember atau wadah kultur berisi air bersih.
Kemudian karena habitat alami kutu air adalah di kolam tanah maka perlu adany aaerai atawa oksigen dengan cara memasukan slang udara dengan gelembung halus kedalam ember kultur.

Langkap kedua, cari atau beli kutu air di penjual ikan hias sebagai starter, pilih kutu air yang sehat dan aktif dengan cara meletakannya pada wadah yang berisi air dan pisahkan yag terapung diatas sebagai indukan kemudian tuang dalam wadah kultur.
Langkah ketiga, Kutu air memerlukan makanan berupa protozoa atau bakteri, maka kita dapat menyediakannya dengan memberi kotoran ayam plus bubuk kedelai kedalam bak kultur. Tetapi untuk lebih mudahnya gunakan susu bubuk setengah sendok teh dan dilarutkan dalam 200 ml air kemudian tuang dalam wadah kultur, Insya Allah dalam 2-3 hari indukan kutu air akan melahirkan ratusan anakan kutu air yang siap di panen.
Sebagai catatan :
Kutu air hidup ditempat yang teduh tanpa sinar mata hari langsung, suhu air 22 - 27oC.
Untuk kelangsungan produksi kutu air tambahkan kembali makanan setelah 2 hari dan jaga kebersihan air kultur.
Selamat mencoba.
kunjungi saya di www.kafelelaki.blogspot.com

geb's mengatakan...

haloo klo mau cari obat buat cupang dimana?

Bee mengatakan...

Obat alami cupang adalah rendaman daun ketapang....... untuk mendapatkannya kalo diperkotaan pohon ketapang sebagai hiasan atau peneduh jalan.......

www.kafelelaki.blogspot.com

oncoz mengatakan...

tlong donk krimin cara membesarin anak ikan cupang yg bru netes,,,
tolong bls ya,,makasih

Tian's blog mengatakan...

tambahan aja nih...kalo pengen ngasi makan yang lebih simple yaitu dengan kuning telor ayam, baik ayam negri atau kampung...itu kata temenku...silakan nyoba

Tian's blog mengatakan...

tambahan aja nih...kalo pengen ngasi makan yang lebih simple yaitu dengan kuning telor ayam, baik ayam negri atau kampung...itu kata temenku...silakan nyoba

abdillah's world mengatakan...

Untuk Bee,,,
Thanks infonya...
Ditempat saya tinggal yang baru,langka banget nyari "kutu air"
kebetulan saya lagi coba budidaya ikan cupank nih..
ada yang tau ngga cara ngebedain cupank betina slayer dan yang aduan biasa.
soalnya saya aga ragu klo mau beli indukan takut di booingin
heee....he...
salam kenalbuat semua cupangers
hidup cupank...








tapi klo ga dikasih makan mati juga ya,,,,

it's joe.. mengatakan...

Bos, gimana cara ngilangin CUPANG dileherQ ya ? takut ketauan cewekQ neh..
Send Email to suussy999@yahoo.com

iksan mengatakan...

gimana cara nentuin ikan cupang yan siap kawin????

Hendy mengatakan...

Slam kenal smua cupangers,nih gw jga bru mw ternak ikan cupang aduan...
nih gw ksh tw dkit biar ikany menang kalo maw di adu,caranya:
pertama;jangan kasih makan 3hari sbelum mw diadu,biar dia galak,tenang ga bkalan mati koq.
kedua;kasih makan nyamuk yang dah mati,sehari 5 biji ja,trus ikanya kira" 2 minggu sbelum di aduin,dibungkus pakai kantong plastik HITAM biar ikanya berani ja gt..
Yang ketiga slamat mencoba dhe yah..
hehehe,,,,Thanks

maza mengatakan...

salam smuanya...
mau tanya niy kenapa ya anakan cupang kalo dah usia10 hari mati wae???
sedangkan dah di kasih makan terur n kutu air halus???

maza mengatakan...

salam smuanya...
mau tanya niy kenapa ya anakan cupang kalo dah usia10 hari mati wae???
sedangkan dah di kasih makan terur n kutu air halus???

dedy mengatakan...

aku baru mulai nyoba nich.........!
mo nanya nich ikan cupang aku awal beli bulunya bagus banget lalu aku langsung campurin sama betinanya dihari yang sama trus keesokan harinya bulu2nya hancur apakah mereka kawin atw malah berantem tapi pertama dicampur mereka akur,tolong solusinya dong n masukan nya.thanks yahhhhh.balas

nuki mengatakan...

buat dedy
klo menurut pengalaman aq nech ye,, ikan kamu tu bukane kawi tp malah berantem. . soalnye nech ye,, kalo cupang tu juga butuh perkenalan n' adaptasi .. n solusinya kalo km ingin mengawinkannya:
pertama,, taruh cupang jantan pd wadah yang ingin dipakai untuk perkawinan.
kedua,,taruh cupang betina pada gelas atw sjenisnya kemidian masukkan cupang betina beserta wadahnya ke dlm wadah pejantan td.
biasainya kesokan harinya pejantan tu akn ngeluarin gelembung2 udara. nahh.. pd saat inilah pejantan menandakan kesiapannya untk kawin.
ketiga,, setelah pejantan sudah banyak membuat gelembung langkah selanjutnya keluarkan cupang betina dari gelas td...
gtu dehh. . .slamat mencoba ye .. moga berhasil..

nuki mengatakan...

buat dedy
klo menurut pengalaman aq nech ye,, ikan kamu tu bukane kawi tp malah berantem. . soalnye nech ye,, kalo cupang tu juga butuh perkenalan n' adaptasi .. n solusinya kalo km ingin mengawinkannya:
pertama,, taruh cupang jantan pd wadah yang ingin dipakai untuk perkawinan.
kedua,,taruh cupang betina pada gelas atw sjenisnya kemidian masukkan cupang betina beserta wadahnya ke dlm wadah pejantan td.
biasainya kesokan harinya pejantan tu akn ngeluarin gelembung2 udara. nahh.. pd saat inilah pejantan menandakan kesiapannya untk kawin.
ketiga,, setelah pejantan sudah banyak membuat gelembung langkah selanjutnya keluarkan cupang betina dari gelas td...
gtu dehh. . .slamat mencoba ye .. moga berhasil..

thio mengatakan...

klo mau nyari cupang di makassar, di mna yah?

MEDIA KITA mengatakan...

aslm. buat nentuin indukan & pejantanya dewasa atau nggaknya gimana ya. soalnya ane kurang paham nih.

andre mengatakan...

selain kutu air ada alternatif lain yang sudah pernah aku coba, yaitu dengan membuat infusoria dari cacing sutra, caranya: masukan cacing sytra yang telah mati kedalam bak atau ember dengan kedalaman 30cm, lalu biarkan selama 4 hari, biasanya indikasi adanya infusoria ditandai dengan munculnya sesuatu yang mengambabng di permukaan air. bila dilihat di siang hari yang terkena sinar matahari langsung maka infusoria akan terlihat berenang2 dan mengapung, satu hal yang perlu diperhatikan agar proses tersebut dilakukan tanpa terkena matahari, karena akan cepat menimbulkan bau yang tak sedap. selamat mencoba.

andre mengatakan...

salam kenal buat semua CUPANG mania dimanapun berada terutrama Bogor. mau tau donk dimana tempat untuk mendapatkan indukan yang bagus di bogor tentunya dengan harga yang murah.... terimakasih!

andre mengatakan...

salam kenal buat semua CUPANG mania dimanapun berada terutrama Bogor. mau tau donk dimana tempat untuk mendapatkan indukan yang bagus di bogor tentunya dengan harga yang murah.... terimakasih!

Mr. Je mengatakan...

Hi all, met kenal bwt cupangers.... Buat andre kalo mau Cupang yg bagus mah d kebon jae banyak. Tp kalo yg biasa d daerah ciseeng. Gw jg punya anakan bagan+singapur tp msh burayak... Hehe...

Mr. Je mengatakan...

Ada banyak cara utk nyediain pakan burayak, Gw punya cara nyediain pakan burayak dan ini lebih mudah n gampang (menurut gw).
Caranya ambil air kolam ikan (ikan apa saja) yg airnya tidak mengalir, kmdn ambil air tsb n simpan d botol, trus tunggu slama 2 hr dan lihat d tempat terang, pasti banyak mahluk hidup kecil2 yg berenang, d lihat dr ukurannya, cocok utk d jdkan pakan burayak.
Caranya tinggal tumpahin air tsb k tempat burayak cupang d simpan.
Semoga bermanfaat.

Haekal Menam mengatakan...

Salam kenal, saya haekal...

Beberapa hari yang lalu saya membeli cupang berjenis halfmoon, selang 5 hari setelah saya membeli ikan CUPANG tersebut ekor dan sirip-siripnya hancur(grepes). Kejadian tersebut disebabkan oleh apa ya? Dan untuk mengembalikannya menjadi semula bagaimana caranya ya?

Bagi yang menjawab terimakasih banyak...

sutan mengatakan...

dari pengalaman saya... burayak ato anak ikan cupang yang sudah berumur 3 ato 4 hari.. kita beri pakan pelet betta yang terlebih dulu kita giling menjadi lebih halus lagi seperti menjadi sehalus tepung.. itu sanngat bagus untuk mempercepat besarnya anak ikan ato burayak itu sndri...

budi mengatakan...

bos..mo nanya nihh....
gw pnya brayakan cupang jual nya kemana ya...???

budi mengatakan...

bos jual brayakan cupang kemana ya...???

Kumala mengatakan...

Alo tmen2 tlog donk.Q mijahkn cupangq tp kok g mnetas2 y? Pdhl pjantany dh bkin srang bnyk n btinanya dh q mskin kwdah pjntn,tp kok g mnetas y? Atas jwbny tengkyu,..

David Iskandar mengatakan...

pakan anakan cupang kasih tua aku ya,soalnya bingung nyari kutu air..........

David Iskandar mengatakan...

Buat maza : mungkin ngasih makannya kebanyakan kali..

retsa mengatakan...

halo2..minta infonya...saya mau ternak cupang,dimana bisa beli indukan yg bagus n brapa hargany,terus pemasarannya ke mana ya kalo udah jadi? (sy tgl di depok) thankss...:P

gold_tyo mengatakan...

prend
cupang gua kok malah berantem ya
bukan nya kawin malah main jitak
padahal uda sesuai procedur diatas luh
apa ya penyebabnya.......
mohon sarannya.....

GrandChief mengatakan...

penggemar ikan cupang juga nih thanks ya tas artikel ma koment dari temen2 membantu sekali :)

zenal ab mengatakan...

slam kenal ya....temen2 penggemar cupang...tlng dong kash tau penyakit apa aja yang suka diderita ama cupang??thanks....by zenal bekasi

Therapy-AHAD mengatakan...

Saya telah menetaskan ikan cupang , lalu betina diambil sedangkan jantan dibiarkan mengasuh setelah 3 hari ternyata ikan kecil yang baru menetas itu jadi tidak ada sampai sekarang.apakah dimakan si jantan. tolong jelaskan apa penyebabnya.

adit4sik1990 mengatakan...

selain kutu air makanan apa yg cocok buat anakan ikan cupang&bisa di dapatkan dimana?tlng blz ke email aku&klu ada yg punya tlng kabari aku y?thanks

E-Shop mengatakan...

alternatif pakan ikan cupang adalah ulat buah belimbing. coba perhatikan jika ada buah belimbing yang busuk biasanya ada ulatnya ikan cupang doyan banget pake ulat buah belimbing. boleh dicoba.

Angga Da Raven mengatakan...

Bos,"cupang" di leher dan sekitar pundak ga mau ilang. gimana caranya biar ilang ya,bos?

Angga Da Raven mengatakan...

aduh,bahaya nih..ada yang bisa bantu untuk hilangkan "cupang" nya?

kukusan mengatakan...

hai
teman2,bapak2 n' abang2
minta pendapatnya dunk
bagaimana mencari ikan kualitas yang bagus di saat uang tidak mendukung bagaimana .. . ?

Bondan mengatakan...

gimana kalau diadakan kontes cupang hias disemarang

Tamenk mengatakan...

masih atas saran2 dari temen2,gua jg baru mau coba budidaya ikan cupang, doa in ya moga gua berhasil,,,,,,,,, n klo udah berhasil gua pasti kasih kabar biar kta bisa tukar pengalaman lagi.............oke broooo

Urc mengatakan...

askum teman2 hobis tolong dong kita di kasih tau gmn cara untuk buat cacing sutra trim.

rusman mengatakan...

trima kasih sangat berguna

Hardi Man Mahen Dra mengatakan...

Para pcinta cupang.
q sters nich, budayain cupang kga berhasil tyus.
gni, kan q masukkan cupang yg q yakin betina sma jantan, tpi saat q masukin betinanya, malah kejar2ran.
apakah kalian perna mengalaminya ?
tyus solusinya apa ?

tolong bantu gue yach :)

Christopher Chandra mengatakan...

@ hardi : seharusnya, seblum jantan dan betina disatukan, harusnya yang betina di simpan dulu dalam botol bening yang disimpan di dalam baskom yang berisi jantan. Tunggu sampai si betina mengeluarkan busa waktunya bermacam-macam, ada yang 2 jam, ada yang sampai 1 minggu). Setelah itu, baru indukan dan jantan di satukan. tunggu 4-5 jam, selama pemijahanterjadi disarankan menutup baskom yang jad tempat pemijahan dengan lap. Setelah itu, akan terlihat banyak busa yang berisi telur, dan, anda harus memisahkan induk betina dari wadah pemijahan, dan membiarkan jantan yang menjaga telur sampai telur menetas.

Hardi Man Mahen Dra mengatakan...

tnks buat Christopher Chandra.
ikan q uda bertelur, tpi nggak netas2 jga. na... brapa lama yach telur ikan cupang menetas??? soalnyA uda 6 hari ngga netas.
tnks yach buat yg jwab.
slam bravo tu pecupang !!! :)

didi mengatakan...

bos aku pangen tanya neh,,,,,
aq kan bosen jadi pegawai terus,,
aq penggen berwirausaha di budidaya ikan cupang,,tapi aq belum tau cara-cara budidaya ikan cupang...
so mohon bagi-bagi ilmunya dong,,biar aq sukses kaya ente bosssss thank's ya,,,,,,,,,,,

gao mengatakan...

salm smuanya cupangers;gw dh brhasil trnakin cpang thailand

Go Green mengatakan...

Juragan2..saya butuh saran nih dari para pakar. Saya pengen budidaya cupang yang bener2 berkelas bisa kasih sararan indukan yang bagus itu dari mana?? terus indukan betinanya juga yang bagaimana?? kira2 berapa harga indukan yang berkualitas ya??

Aa Yayat mengatakan...

bos klo ditambah gambar-gambar sekitar cupang mantab bos.....

Danu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Danu mengatakan...

sy sekarang pengen ternak lagi...
mw tanya donk,di daerah jawatimuran
....dapetin bibit cupang hias dimana?
ato join ma aye dah ternakxa...

Swastika Andi DN mengatakan...

Makasih infonya...saya lagi cari tahu ttg Cupang juga nich.
Cek info yg sudah aku kumpulin http://ikancom.blogspot.com

AgamEuy mengatakan...

go...go...go...
akhirnya w bisa ikut bergabung dengan komunitas cupangers...
smoga w tambah tahu tentang budidaya cupang...
Thanks 4 all...

yusuf mengatakan...

askum'...!!
maav nie para penggemar ikkan cupang'...
w maoo nanya donk niie'.
cupang w dah netes anakkan'a and indukkan'a w pisahiin dua"nya.
cz w tkut kalo w kga pisahiin indukkan'a tkut d'makanin anakkan'a..!!
truskan kta ente" skalian induk jantan'a jngan d'psahin sma anakkan'a.
trus gymana nie..?
induk' jantan'a w ccampurin lagy k'anakkan'a appa w biarin ajja anakkan'a'...??
w tkut anakkan'a ga"l

azka mengatakan...

saya mau tanya...
biasanya kuning telur habis setelah berapa hari setelah telur menetas..

Luthfi_036 mengatakan...

sobat, tolong bantu saya dong. kenapa burayak cupang saya awalnya banyak, dirawat tiap hari. setelah jadi hanya beberapa ekor. Di mana salahnya ya ?
Terimakasih bantuan sobat sekaluan

johnboe mengatakan...

tolong dong...aq baru mengenal cupang tolong dong gmn caranya bedain cupang jantan dan betina..trus ada brapa jenis cech cupang itu,,

Muhammad mengatakan...

untuk Jhonboe

cupang jantan bertanda sirip2 yg panjang dan dasi yg panjang sedangkan ikan cupang betina siripnya sangat pendek dan dasinya yg pendek

fina mengatakan...

salam kenal agan2 cupang mania.
ane mo nanya neh
gmana kematian di tingkat burayak bisa ditekan???
soal nya dari 2 dua induk yang pijah hanya 4 burayak yang masih selamat.
trims gan, mohon bantuannya

fina mengatakan...

salam kenal agan2.
ane mo minta petunjuk neh.
gmana caranya menekan kematian pada saat fase burayak???
soalnya ane pijah dua induk, berhasil tapi jelang 3 minggu sekarang yang tersisa hanya 4 ekor.
ane dah ikutin cara di beberapa referensi. kira2 apa salahnya y???
mohon bantuannya gan.
trims

ajiboti mengatakan...

mau tanya donk gan

kalo misalnya jantan udah kita satuin sama betinanya trus udah bikin busa tapi blom betelor betinanya udah di ankat ,bisa di kawinin lagi ga?

minta jawabannya donk pliss!!!!!!

adjsagdksa mengatakan...

Perbandingan antara jantan dan betinanya berapa ya kalo dalam proses perkawinan.??

solihin mengatakan...

@adjsagdksa, perbandingan 1:1 dan proses perkawinan tidak blh dimassal,1 aguarium hanya blh ditempati 1 pasang saja.

solihin mengatakan...

@fina, setelah ikan menetas biarkan sm induk jantannya sampe burayak bs berenang sendiri/umur 3-7 hari.kalo sudah bs berenang sendiri angkat induk jantannya dan pindahkan burayak ketempat penampungan yang lbh besar tetapi sebelumnya siapkan air yg sudah diendapkan min. sehari semalam kemudian ksh pakan kutu air yg lbh kcl dr burayak.

@ajiboti, jgn diangkat dl biarkan sampe bertelur,stlh bertelur br diangkat.betina bs dikawinin lg stlh betinanya sehat dan perutnya seperti membulat/sudah berisi telur,setelah dikawinin betina diusahakan dikasih makan jentik nyamuk/cuk atau kutu air.

ries_rista mengatakan...

mau tanya saya di derah bandung, mau nyari bibit ikan cupangnya dimana ya ???

ries_rista mengatakan...

SAYA BERADA DI DERAH BANDUNG,, klo mau nyari bibit ikan cupang bisa dimana ya ?????

Sleeping_Prince mengatakan...

gan..mo tanya.
1.cupang gwa uda bkin busa bnyak tp kog ga kwin2 ya,,malah brklahi trus??
2.takaran pakan telur u/ mkan burayak sberapa??+telur.a d rebus(masak) ato nda??

makasih..dijawab.a pliisssss

ihdizen mengatakan...

boss,,,gemana cara nentuin jantan dan betina saat anakan dah berumur satu bulan

achink d'cc mengatakan...

buat para cupangers...makanan yang paling disukai cupang adalah jentik2 nyamuk.....tapi kalau untuk anakan makanannya adalah kutu air...jangan terlalu banyak menaruh kutu air karena dapat merusak atau membuat ikan penyakitan

a2cd mengatakan...

kk gmna kita tau bhwa kuning telur ikan cupang ituh sudah hbissssss? tolong di blzzzz

dede mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
dede mengatakan...

kalau mau jual anakan cupang di daerah bandung dmn ?

sii boteng mengatakan...

top bgt infonya..kebetulan lgi kesemsem ma ikan cupang dan mau belajar membudidayakan sekalian menyalurkan hobi siapa tau jadi sukses amin.

Adhi Rohmantoro mengatakan...

kalo gua pernah pengalaman nih ya gua kan ada ikan mas ada ikan cupang trus g ada tempat lebih jadu gua campurin deh ikan cupang ama ikan masnya koq besoknya ada busanya? siap kawin mungkin yah?

Adhi Rohmantoro mengatakan...

Kalo gua Beli Ikan cupang seharga 2500 satu cupang aku beli dua jantan ama betina kan kalo jantan ada janggutnya trus betina g ada jadi gw beli
trus gw campurin langsung tapi berantem tapi besoknya akur tapi gk ada busanya gmn donk?

Agfa mengatakan...

Penggemar juga mau mraktekin

sii boteng mengatakan...

gan mau tanya ni..tentang perkawinan ikan cupang yg sesuai dengan kebenaranya gimana...???ane udah coba berkali kali gagal terus. bahkahan ada pula yg keesokan harinya si betina ter apung alias mati,ada juga yg dua_duanya tewas..tolong bantu gan dan minta petunjuknya gan..tank's..

thunder mengatakan...

alo temen2 tolong bantu dong.bagaimaina telur ikan cupangnya dimakan si jantan apakah tidak papa? tolong dibalas

terimakasih atas balasannya

thunder mengatakan...

hallo teman2 tolong bantu dong .
kalau telur ikan cupang dimakan si jantan apakah masih bisa menetas?

terimakasih buat jawabannya temen

tolong di balas

adminblog mengatakan...

@yoeng, saya bantu jawab ya. pertama cupang yang anda pelihara jenis apa? jika anda memelihara Cupang Sarawak / Betta Akarensis, atau jenis Mouthbrooder, maka memang betul kalau telur cupang akan dimasukan kedalam mulut cupang jantan sampai kurang lebih 10 hari. Kemudian telu2 tersebut akan dikeluarkan untuk menetas. Ini yang dinamakan "Mouthbrooder".

untuk info seputar dunia cupang yang lengkap kunjungi saja jeniscupang.blogspot.com

Enna mengatakan...

Klo ada yang minat,, Call Me di 081365708224.....!!! Cupsngnys cakep2 Boss............

Adi mengatakan...

Halo cupang mania, salam kenal.
Semoga ikan cupang tetap dihati para penggemarnya

Mas Bayu mengatakan...

asslm...
mas saya mau nanya nih....
tapi maaf ya kalau pertanya'an saya terlalu banyak......

_mas bisa sebutin ga jenis2 atau nama2 semuaikan cupan.?
_berapa lama telur ikan cupang bisa menetas.?
-ikan cupang apa yang paling bagus buat di budidayakan.?
_dan satu lagi tolong sebutin haraga2 yang pas buat semua ikan cupang,(contoh "cupang jenis harganya 10.000,jenis itu harganya 20.000 dan sterus nya)

tolong email kan ke Bayu_edong@rocketmail.com
tolang ya mas,info ini sanggat penting....
Sya do'a kan semoga situs ini menjadi semakin rame dan menguntungkan bagi semua orang,termasuk pemilik situs maupun pengunjung situs.
Wasalam....

INDRAMAYU REMAJA

Mas Bayu mengatakan...

mas kalo bisa kita smsan aja di no ini.
085353893938 OR 087717771397

INDRAMAYU REMAJA

e-fhul mengatakan...

menurut petunjuk induk jantan untuk merawat telur atau anakan tapi anakan dimakannya gimana tu solusinya....?

nisa azam mengatakan...

Menurut pengalaman saya, cupang yang siap kawin kalau: si betina berani nantangin si jantan dan ga bisa diem waktu keduanya dicampur. Kalau betinanya malah ngabur pas liat si jantan, berarti si betina ga mau kawin. Kalau udah jodoh, walaupun sebelumnya si jantan ga bikin sarang busa, tunggu aja kira-kira semalam kemudian akan banyak busa mengapung di kolam. Kalo uda mulai kawin, jangan lupa sering ditengokin biar pas kawinnya selesai si betina bisa langsung diangkat dari kolam dan ga diserang si jantan. Kalau telur udah ada yang menetas, si jantan bisa langsung diangkat dari kolam burayak. Mereka bisa belajar berenang sendiri, kok :)

ancak kendang mengatakan...

1. bagaimana cara mengetahui takaran yang pas untuk pemberian kutu air pada anakan?
2. kutu air bisa juga buat indukan gak?

ancak kendang mengatakan...

1. bagaimana cara mengetahui takaran yang pas untuk pemberian kutu air pada anakan?
2. kutu air bisa juga buat indukan gak?

Yanagenta mengatakan...

kalau beli induk ikan cupang di bandung dimana,,,ciriciri induk yang berkualitas kaya apa

Yanagenta mengatakan...

kalau beli induk ikan cupang harganya brp, yang kualitas baik ciri-cirinya gimana, kalau di bandung di daerah mana ya,, tolong email ke Yana.genta@ymail.com

abu darda mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
abu darda mengatakan...

haloo..saya punya pakan alternatif pengganti kutu air..namanya mikrowrom siapa yang brminat hubungi saya..thnk.

abu darda mengatakan...

ada yg punya giant boz,,,saya lgi nyari nih..????

CUPANG IKAN CUPANG mengatakan...

bagi yang berminat ane jual ikan cupang jenis haltmoon yang sudah siap jual, dan ane juga siap menerima pemesanan dalam dan luar daerah..
alamat: jl. jombang raya rt,02/02 pondok aren bintaro, tangerang selatan
Hp. 087809453128

Betta 138 mengatakan...

artikel yang sangat menarik..

visit blog cupang hias ane ya..

betta138.blogspot.com

salam cupang,



Betta 138

Betta 138 mengatakan...

artikel yang sangat menarik..

visit blog cupang hias ane ya..

betta138.blogspot.com

salam cupang,



Betta 138

Hes Minas mengatakan...

Saya baru mengawinkan ikan cupang apa bisa di ber makan kuning telur seandainya kutu air tidak ada????