Senin, 06 Agustus 2007

Cupang Site

This website is dedicated to Cupang Fish!

Blogged with Flock

17 komentar:

Yohanes mengatakan...

Saya punya beberapa ikan cupang
dan baru belajar memijahkan

ryan mengatakan...

saya mempunyai ikan cupang thailand tapi dia tidak maw kawin dengan betina lokal kenapa begitu

Mr. Je mengatakan...

Dlm memijahkan cupang itu ada tanda2 kalo ikan cupang itu siap mijah. Mnrt sy tdk ada ketentuan dlm memijahkan ikan cupang itu hrs berasal dr daerah yg sama.
Sebelum memijahkan cupang lihat dulu ciri2 ikan yg siap mijah. Khususnya utk betina harus sudah matang gonad/telur yg d tandai dng perut buncit tetapi bkn krn banyak makan, trus lihat d bagian kelamin ada bintik putih tdk, kalo ada brarti siap utk mijah. Utk lebih meyakinkan, ikan betina tdk d kasih mkn selama 1 hr aja, kalo tanda2 seperti yg sy sbutkan diatas terpenuhi maka ikan tsb siap utk mijah.
Tanda induk jantan siap mijah dpt d lihat dr permukaan airnya jika ada/banyak gelembung brarti ikan tsb siap utk mijah.
Itu dr pengalaman sy memijahkan ikan cupan.
Semoga berhasil.

Muhammad Alif mengatakan...

kok saya kasih ikan ku metil biru lalu pgix teler n qgbungin ama ikan betina eh mala ekorx terpotonk potong knpya tlong ya jlassin n smpi skrng masih tler ikanx

Randa mengatakan...

Tolong ya apa tempat paling tepat untuk ikan cupang yg mau dipijah

faruq mengatakan...

bagaimana proses cara memijahkan ikan cupang. karena aku blm pernah ternak ikan

MadHun CilEduG mengatakan...

wat Lo pengGila Cupang atawe pemula gw saranin lebih baik loe Cari indukan yang jeNIs baru. Emang siH harga Nya agak maHal taPi hasiL nanTi nya BakalaN lumaYan contoh nya Loe caRi cUpaNG Jenis super Black...tp jangan yang lokal loe cari yang impor biar keaslian nya terjamin biasanya kl yang lokal dah hasil silangan .....selamat berburu....

Danu mengatakan...

dlu q prnh tnak cupang aduan,
klo mw terna
1. siapin pejantan&betina umur +-4bln u/ indukan(lebih bagus klo betinanya lebih tua)
2. simpen dlu cupang jantan slm 3 hari di baskom sedang diisi air amp 30cm, kasih tanaman kiambang, ato daun pisang kering, pastikan mediaxa bersih
3. stlh pnjntan da bikin busa2, masukin betina didlm botol bening,taro botolxa di baskom t4 pjantan biarin amp 2 hari..
4. lepasin betinaxa, dlm 1 ato 2 hari tar telur uda keisi..
5. ambil betinaxa, biarin pejantan yg rawat telor ampe netes (max 36 jam da netes)
6. setelah 6 hari ambil pejantanxa..
7 kasih makan burayak pke, kuning telor dikit aja,infusoria ato mknan2 yg da disebutin sblmxa.
8.terus tiap satu bulan di pindah ke wadah yg lebih besar biar tumbuhnya bgus...

stlh 2-3 bln seleksi, taro diwadah masing2..

Danu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Danu mengatakan...

dun klo di jatim ente ada t4 jual bibit g?gw lg pengen ternak..

dlu dapet bibit di tegalega bdg...skr da di jatim gtw cr kmn...

Bugs Danny mengatakan...

mantaaap.. saya akan mencobanya..

chinno mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
chinno mengatakan...

Saya baru mulai menyoba beternak ikan cupang, mau tanya infusoria itu apa ya? kalau ada yang tau tolong dong di jelasin dikit.. thank you

Prasetyo mengatakan...

Bagi kamu yg tidak ingin si betina menjadi rusak setelah di kawinkan, salah 1 saran gw sblm di kawinkan, letakkan sibetina dlm botol dan taruh disamping toples si jantan. Setelah sijantan membuat buih, baru kamu letakkan sibetina. Waktu paling cocok di pagi hari. Utk alternatif pakan burayak, bs pke kuning telur, atau susu bubuk, atau pelet ikan yg dihaluskan dan dilarutkan dgn sedikit air, atw bs juga buat sendiri dgn sayuran busuk

bangcupang mengatakan...

PAKAN / MAKAN IKAN CUPANG

Pakan / makanan ikan cupang sebaiknya hanya diberikan pakan alami dari pada diberikan pakan buatan/olahan! pakan alami sangat baik karna kandungan nilai gizi normal dan tidak merusk struktur unsur kimia /mineral air dimana tempat ikan cupang itu hidup, bila dibandingkan dengan memberikan pakan / makanan olahan, karena bila tidak langsung habis di makan akan larut dan bereaksi dengan air tempat ikan cupang itu hidup,dan merubah struktur air nya dan dapat menjadi tidak baik bagi ikan cupang itu sendiri!, bila kita tidak mengerti aturan jumlah pemberian makanan/pakan dan pergantian airnya!
Pakan / makanan alami yang baik untuk ikan cupang:
1. Cacing Sutra(Tubifex Worm)
2. Kutu air (Daphnia Sp dan Moina Sp)
3. Jentik nyamuk(Mosquito Larva)
4. Cacing Darah (Blood Worm)
! pakan / makanan olahan sebaiknya diberikan bila tidak ada pakan/makanan alami.

Wahyu mengatakan...

Bro, pra cupangers...
Bntuin gw donk..
W kn bru bljr ternak ikan cupang.., tp pas gw satuin tp induk btinany udh gw psah., Dlm tmpat lain..
Gw diemin si jntan, udh bkin busa tp pas gw satuin semalem eh malah si jantan ekorny pd rusak..
Itu knp y? Tlong bntu?

Betta 138 mengatakan...

salam kenal betta lover..

saya Adit dari Betta 138 Farm..

Salam cupang !


Betta138.blogspot.com